Backpacker ke Lombok

31 01 2012

karena banyak yg bertanya tentang perjalanan ke Lombok saya sedikit menuliskan tentang perjalanan saya. Meskipun saya bukan penulis saya mencoba mengabadikan perjalanan saya.

Keinginan yg sudah lama buat saya, untuk jalan2 ke Lombok, tentu karena pulau ini menyimpan banyak spot wisata yg layak di kunjungi dan perjalanan dari Jawa tidak begitu sulit aksesnya.

Bermodalkan uang Rp.1000.000 dan tdk punya ATM saya mulai mencari informasi ttg perjalanan yg akan saya lakukan. Maklum saya belum pernah jalan kesini. Apalagi perjalanan saya sendirian namun saya lebih suka berjalan sendirian , saya merasa bebas, tidak ada beban, saya puas memenuhi keinginan hati saya..

2 minggu sebelum keberangkatan saya iseng menulis status saya via jejaring sosial, ya.. sekedar iseng niatnya..- statusnya”Pengen naik Rinjani”..- eh..nggak taunya ada sahabat mau gabung. Namun sahabat saya tinggal di Jakarta, mereka memutuskan untuk lewat jalur udara karena alasan waktu cuti yg sangat mepet. Dan kami janjian ketemu di Mataram.-

setelah informasi saya dapatkan dan minta ijin orang tua, saya berangkat dari stasiun Lempuyangan,Yogyakarta. Namanya juga uang pas-pasan, naik kereta ekonomi saya sudah bersyukur.. ya, kereta Sri Tanjung jurusan Jogja-Banyuwangi membawaku ke pojok timur pulau jawa,- dengan harga tiket Rp.35.000,- berangkat jam 07.30 pagi sampai di stasiun terakhir Banyuwangi jam 23-30.- keberangkatan kereta tepat waktu, tentu karena kereta berangkat dari stasiun ini. Dan masih banyak tempat duduk.  cuaca saat itu cerah, di dalam keretapun saya banyak menemukan orang yg baik, perjalanan terasa sangat nyaman karena saya senang di perjalanan. Saya selalu menikmati perjalanan ini.- bermodalkan MP3 dan beberapa majalah2 saya berusaha mengisi waktu luang. Sebungkus nasi dan sebotol  air mineral mengisi perut selama dalam perjalanku. Waktu berganti, kota2 terlewati, pagi, siang dan malampun telah tiba akhrnya sayapun sampai  di stasiun Banyuwangi, stasiun terakhir pemberhentian kereta ini..-

Stasiun Lempuyangan ketika mau berangkat

niatnya mau istirahat di stasiun dan menunggu pagi untuk melanjutkan perjalanan ternyata nggak boleh. Sayapun memutuskan untuk mencari tempat ibadah di depan pelabuhan Ketapang.. setelah ijin penjaga malam saya di perbolehkan istirahat di sini.. sambil nge cas Hp dan cerita basa basi sayapun terlelap tidur.. hoamz..- adzan subuhpun berkumandang, saya bergegas bangun, mandi lalu sholat.. berbekal sedikit makanan yg saya bawa, saya melanjutkan perjalanan menyebrang ke P.Bali.- sekitar pukuk 05.30, sunrise nampak jelas dan saya mengeluarkan kamera digital saya yg jadul. Menyempatkan mengabadikan moment ini.

Kapal penyeberangan menuju Pel.Gilimanuk.

Pelabuhan masih nampak sepi karena masih pagi..

Turun dari kapal saya langsung menuju terminal,. Jalan kaki dan mencari angkutan jurusan terminal Ubung (terminal tengah Bali). Setelah mencari-cari angkutan saya mendapatkan angkutan dengan harga tiket Rp25.000.- menunggu bis penuh, angkutan baru berangkat..- suasana masuk Pulau Bali sudah berbeda jauh dengan Jawa.. serasa di negeri lain.. hehe..- perjalanan sekitar 4jam sampai 5 jam untuk sampai ke terminal Ubung.. angkutan sangat penuh waktu itu. Rasa capek karena kurang istirahat semalem dan belum sarapan membuat saya tertidur di dalam bis beberapa kali.. sekitar jam 12an akhirnya  sampai juga di terminal ini.. saya turun dari bis dengan lagak sok tenang, maklum banyak calo disini dan saya berlagak sok santai saja.. sambil nyari minum saya bertanya sama orang2 di sekitar tentang angkutan menuju pelabuhan Padang Bai.

Ini kondisi angkutan menuju pelabuhan Padang bai, perjalanan dari terminal Ubung ke Padang Bai waktu itu sekitar 3 jam.. untuk harga tiket kita harus tawar menawar sama sopir angkotnya.. tau sendiri kan orang2 di terminal ini keras2.. saya mendapatkan harga Rp.35.000.- untuk sampai ke pelabuhan Padang Bai, tentu dalam perjalanan saya bingung, lha saya belum pernah menjamah nama pelabuhan ini.. Cuma sekedar membaca aja..- lagi2 saya menemukan orang2 yg baik di dalam angkutan..  banyak cerita akhirnya kita sama2 tujuanya..-

Ternyata ini to namanya Pelabuhan Padang Bai, harga tiket Rp.36.000.- kapal siap mengantar kita menuju pelabuhan di Lembar Lombok.. perjalanan menyebrang sekitar 5 jam-6jam tergantung gelombangnya.. pemberangkatan kapal di sini setiap waktu, 24 jam non stop, jadi tidak perlu takut ketinggalan Kapal.. hehe..- capek dan lapar, oh..rasa ini menyiksaku, ternyata kenalan di angkutan tadi  duduk bersebelahan denganku di atas kapal.. dia membawa 2 nasi bungkus dan menawari saya.. mas makan monggo, ini tadi dari istri saya di bawain makan.. hah..memang rejeki, kata hatiku.. ya mas, saya tidak menolak tawaran waktu itu.. Alhamdulillah kalo rejeki juga ga” kemana.. setelah makan saya istirahat di dek depan, nyaman masalahnya deket tempat pelampung #wkwk..lha saya ga” bisa berenang e.., apalagi ombaknya gede bgt waktu itu.. anak2 kecil pada nangis, orang2 pd takut.-

Rasa lelah yg tak terbendung membuatku terlelap dikapal penyebrangan, saya tertidur sepanjang perjalanan dan terbangun karena anak2 pada nangis, karena takut gelombangnya besar..  sekitar  pukul 22.00 kapal merapat di pelabuhan Lembar, saya bingung untuk tujuan perjalanan selanjutnya karena waktu sudah malam.. saya memutuskan mencari bis jurusan terminal Mandalika, terminal di kota Lombok.. lagi2 tawar menawar disini, tetapi kalo kita mencari bis di atas kapal setidaknya kita menghindari Calo2.. saya mendapatkan harga Rp.20.000,- bis mengantar saya sampai Terminal Mandalika,  terminal tampak sepi karena waktu sudah menunjukan pukul 23.00..

Memang sudah larut malam, saya menghubungi anak Pecinta Alam di salah satu kampus di kota Mataram.. saya akhirnya di jemput di terminal dan diajak ke base Camp Cantha Pratala..

To be Continue..-

makasih gan..

Hendro

Makasih sharenya gan..
mengingatkan pada PKL di lombok selama 1,5 bulan… :)

agungwibowojogja

sama-sama.. oh PKL disana to? enak..

Vandaxa

ini tujuannya kemana saja om?

ditunggu lanjutannya ya

agungwibowojogja

tujuan hikking Rinjani :)