Komodo Island is amazing

20 11 2011

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pulau Komodo terletak di sebuah selat antara Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Di Pulau Komodo terdapat kadal terbesar di dunia, yaitu biawak Komodo (Varanuskomodoensis). Komodo dipercaya sebagai sisa binatang purba Dinosaurus yang masih hidup. panjang komodo dapat mencapai 3 meter dengan berat bisa mencapai 140 kg. Pada perairan di pulau Komodo juga terdapat perairan yang termasuk keajaiban dunia bawah air Dasar laut perairan Komodo adalah yang terbaik di dunia, di permukaan laut menyembulnya daratan-daratan kering yang berbukit karang.

Pulau Komodo dan pulau-pulau sekitarnya
Akses menuju ke pulau komodo dan pulau-pulau sekitarnya tersebut dapat ditempuh dari Bandara Ngurah Rai Bali, utk kemudian terbang ke Komodo Aiport di Labuan Bajo.

Pulau Komodo dari pesawat Ada 3 penerbangan Bali – Labuan Bajo, yaitu Merpati, TransNusa, & Wings Air. Semua penerbangan tersebut menggunakan pesawat berbaling-baling dua. Ketinggian jelajah pun tidak terlalu tinggi, sehingga keindahan pulau2 yang dilewati sepanjang perjalanan bisa kita rekam melalui kamera. Dari Komodo Airport, menuju ke pelabuhan kecil Labuan Bajo, dengan jarak waktu sekitar 5 menit. Pemandangan menuju pelabuhan sangat menarik.

Komodo Airport Dari pelabuhan ini bisa menggunakan speed boat untuk mengunjungi Pulau Rinca. Di pelabuhan ini banyak terlihat kapal2 LOB (Live Aboard) yang biasa digunakan para penyelam untuk diving di sekitar sini.

Pelabuhan Labuan Bajo Jarak dari Labuan Bajo ke Rinca adalah sekitar 1 jam, dan perjalanan ini melalui pulau2 kecil yang bertebaran di sekitar perairan Flores Barat. pemandangan yang dilewati disini pun sangat sayang untuk tidak diabadikan.

Pulau Rinca Laut yang penuh warna di sektar Rinca Di Pulau Rinca ini tempat Taman Nasional Komodo di Loh Buaya. Perairan di sekitar Loh Buaya ini sangat jernih. Disini ada Ranger yang siap Pos Ranger untuk mengantarkan wisatawan. Perjalanan dari dermaga Loh Buaya ke Pos Ranger melewati pemandangan yang cantik, pohon2 kering berwarna putih, pasir coklat muda, dan bukit2 hijau.

Komodo National Park Indonesia Rinca Island Para Ranger atau Polisi Hutan setempat akan menerangkan tentang pilihan trek yang ada di Loh Buaya ini. Ada yg short, medium, dan long trek. Short-medium trek, bisa ditempuh dalam waktu 1.5jam secara total. Disarankan menggunakan sepatu yang sesuai dengan kegiatan trekking ini. Tidak jauh dari Pos Ranger tsb ada dapur, dan memang Komodo sering berkumpul di sekitar dapur ini karena mereka mencium bau ikan/daging/dan lainnya. Komodo mampu mencium sejauh 9 km lebih. Jadi bagi wanita yang sedang haid, sebaiknya menunda trekking atau jika berjalan bersama group sebaiknya berada di tengah.

Selama trekking wisatawan lagi-lagi akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, yaitu teluk Loh Buaya dan pulau2 di luar teluk.

Bukit bukit yang ada disana pada umumnya berwarna coklat muda keemasan di musim panas, namun beberapa pohon di sekitarnya masih berwarna hijau. Jadi bayangkan saja kombinasi warna coklat muda, hijau segar, biru laut, dan biru langit. That was amazingly beautiful!

Pink Beach
Jangan lupa untuk menyempatkan mengunjungi Pink Beach, disana wisatawan dapat melakukan kegiatan snorkeling. Pink Beach atau Masyarakat setempat menamakannya Pantai Merah karena warna pasir yang berwarna merah muda yang terbentuk oleh pecahan karang merah yang mati. Memang ajaibnya pasir di pink beach ini akan berubah warna menjadi pink jika tersapu ombak.

Airnya luar biasa jernih, dengan snorkeling beberapa meter saja bisa melihat coral2 cantik seperti karpet, ikan2 aneka warna jenis, bahkan bisa melihat ikan pari berukuran sedang.

Jika Perjalanan Pergi atau Pulang P. Rinca-Labuan Bajo dilakukan pagi atau sore hari, maka wisatawan akan disuguhi pemandangan indah pagi/sore hari, yaitu pemandangan sunrise dan sunset sepanjang perjalanan ini. Langit yang cantik berwarna pink, ungu, biru, orange.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: